Home » » Derajat CINTA

Derajat CINTA

“... dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). QS.Al-Baqarah [2]:165. 


Sahabat 
Alhamdulillah, syukur kehadirat Alloh SWT yang senantiasa melimpahkan Rahmat dan Kasih Sayang Nya kepada kita semua, sehingga dengan Cinta Nya kita dipertemukan kembali melalui 100.2 Elshifa FM Radio Inspirasiku. Sholawat dan salam juga semoga senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita, Nabiyulloh Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan juga para pengikutnya hingga Yaumul akhir kelak. 

Sahabat, 
Melanjutkan obrolan kita tentang SinergieCinta mala mini, di mana pada pertemuan yang telah lalu kita telah membahas tentang Chemistry Cinta ( Kimia Cinta ), maka Insya Alloh mala mini kita akan memperbincangkan tentang Derajat Cinta. Ya … Derajat Cinta, sebagaimana yang telah Alloh gambarkan dalam QS. Albaqoroh : 165. 

Sahabat, 
Cinta menyimpan 1001 misteri, juga kebahagiaan. Namun cinta juga bisa menghadirkan 1001 duka, jika tidak menempatkannya dalam wadah yang tepat. Bahkan terkadang satu permasalahan cinta bebannya bisa terasa lebih berat dibandingkan dengan memikul jabal uhud, atau membuat seseorang sangat rabun sehingga setiap jalan yang dilewatinya serasa lorong gelap yang menyesatkan dan menyengsarakan. 

Nah, Sahabat … 
Ada baiknya kita juga perlu tahu tentang Derajat Cinta Kita, agar kita juga tidak salah merasa apalagi bertemu dengan 1001 duka lara. Diantara derajat Cinta itu antara lain : 

1. Tatayyum ( derajat tertinggi ) Yaitu cinta kepada sang Khalik, dan tak ada lagi yang diduakan. Cinta ini adalah hak mutlak milik Alloh SWT. Seorang hamba memiliki kewajiban mutlak untuk hanya mencintai Nya, tanpa menduakan Nya dengan sesuatu apapun. 

2. “Isyqu ( keasyikan ) Yaitu cinta yang ditujukan kepada Rosululloh SAW. Cinta ini adalah hak beliau, tidak diberikan kepada yang lain. Karena beliaulah sang kekasih , yang menuntut kita untuk mencontoh, dan mengikuti ( ittiba’ ) sunnah-sunnahnya. 
Seorang penyair pernah berkata : 
Jalan para nabi kita adalah jalan cinta 
Kita adalah anak anak cinta 
Dan cinta adalah Ibu Kita (Rumi) 

3. Syauq Yaitu cinta seorang mukmin dengan mukmin lainnya. Cinta seorang suami kepada istri, anak kepada orang tua atau kakak kepada adik, yang kadarnya adalah penuh kerinduan. Pekerjaan cinta ini hendaknya melahirkan Sakinah Mawaddah Warahmah. 

4. Shobabah (empati) Cinta ini diperuntukkan bagi sesama Muslim dan terlahir dari ikatan yang sama yaitu keimanan. Cinta ini akan melahirkan pengorbanan, tanggungjawab, membahagiakan, Itsar (mendahulukan kepentingan saudaranya), Iffah (menjaga diri dari mengiba), dan ukhuwwah (ikatan persaudaraan) 

5. “Ithf (simpati) Cinta ini ditujukan kepada seluruh manusia tanpa memandang ras, suku, dan keyakinan. Ini dalam rangka menjalin muammalah yang dilandasi dengan akhlak Islami. Di sinilah berlaku konsep Dakwah, yaitu mengajak / menyeru mereka ke jalan Alloh SWT 

6. Derajat terendah yaitu Cinta Harta & Benda. Inilah yang ditakutkan oleh Abu Bakar RA, sehingga beliau bermunajat : Jadikanlah dunia ada dalam genggaman tanganku dan jangan jadikan dunia ini di dalam hatiku. 

Sahabat, 
Setelah kita mengetahui tentang Derajat Cinta, maka semoga Alloh SWT senantiasa menjaga Cinta kita semua agar selalu berada di jalan Nya. 
Wallohu A’lam Bish Showwab 

http://www.muhtarfatony.com/2011/12/derajat-cinta.html

0 komentar:

Live Streaming

Radio Suara Muslim