Home » » WAKTU BERHARGA DALAM MENGASUH ANAK

WAKTU BERHARGA DALAM MENGASUH ANAK





Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan broadcast via WA tentang waktu berharga dalam mengasuh anak. Nah, supaya tetap diingat dan tidak lupa, maka saya tuliskan kembali di blog ini. 

Empat tahap pengasuhan anak, yaitu :

  • 7 Tahun Pertama (0-7 Tahun)
Perlakukan anak sebagai raja. Di sini merupakan zona merah yaitu zona larangan : jangan marah-marah, jangan banyak larangan, jangan rusak jaringan otak anak. Pahamilah bahwa posisi anak masih ekcil, saat itu yang berkembang otak kanannya.
  • 7 Tahun Kedua (7-14 Tahun)
Perlakukan anak sebagai pembantu atau tawanan perang. Di sini merupakan zona kuning yaitu zona hati-hati dan waspada. Latih anak-anak mandiri untuk mengurus dirinya sendiri, mencuci piring, pakaian, setrika, dan lain-lain. Banyak pelajaran berharga dalam kemandirian yang bermanfaat untuk masa depannya.
  • 7 Tahun Ketiga (14-21 Tahun)
Perlakukan anak sebagai sahabat. Di sini adalah zona hijau yaitu sudah boleh jalan. Anak sudah bisa dilepas untuk mandiri. Mereka sudah bisa dilepas sebagai duta keluarga.
  • 7 Tahun Keempat (21-28 Tahun)
Perlakukan anak sebagai pemimpin. Di sini merupakan zona biru yaitu siap terbang. Anak sudah mandiri dan persiapkan anak untuk menikah.

Catatannya :
Pada masa anak-anak yang berkembang adalah otak kanannya. Otak kiri berkembang saat usianya menjelang 7 tahun.

Anak perempuan keseimbangan otak kanan dan kirinya lebih cepat. Sedangkan anak laki-laki lebih lambat. Keseimbangan otak kanan dan kiri pada anak laki-laki baru tercapai sempurna di usia 18 tahun, sedangkan anak perempuan sudah cukup seimbang otak kanan & kirinya di usia 7 tahun.

Ternyata ada rahasia Alloh mengapa diatur seperti itu ...
Laki-laki dipersiapkan untuk menjadi pemimpin yang tegas dalam mengambil keputusan. Untuk itu, jiwa kreativitas dan eksplorasinya harus berkembang pesat. Sehingga pengalaman itu membuatnya dapat mengambil keputusan dengan tenang dan tepat.

Sementara perempuan dipersiapkan untuk menjadi pengatur dan manajer yang harus penuh keteraturan dan ketelitian.

Wallohu A'lam Bish Showwab.

0 komentar:

Live Streaming

Radio Suara Muslim