Terkadang sering ditemukan seorang anak yang tidak mau mengerjakan perintah dari guru, sehingga mengakibatkan sang guru menjadi marah, bahkan keluar kata-kata yang tidak baik. Hal ini perlu diperhatikan bagi seorang guru, karena anak yang sedang dalam kondisi tersebut, berarti sedang dalam kondisi bermasalah.
PEMBAGIAN MASALAH PADA ANAK
Psiko Kognitif
Kesulitan berpikir, sulit konsentrasi, sulit menghitung, cepat lelah membaca, tidak bisa menerima pendapat, tidak mau disalahkan, selalu berpikir negatif, irasional, terlalu berobsesi, terlalu banyak bicara, dll yang berhubungan dengan kognitifnya.
Psiko Afektif
Malas melakukan aktifitas, cemas/ was-was, perasaan takut, rendah diri, emosional, merasa dirinya besar/ kecil, curiga pada orang lain, sensitive terlalu tinggi, rendah diri, gelisah.
Psiko Motorik
Berhubungan dengan masalah gangguan pada koordinasi/ gerak manusia, dan ini erat hubungan dengan kondisi kejiwaan seseorang.
Bullying meliputi Verbal, emosi, fisik
Pencurian meliputi kebutuhan dan dorongan
Kenakalan Remaja meliputi merokok, pacaran, perjudian.
Anak Dikategorikan Masalah
1. Seringnya anak melakukan kesalahan terhadap lingkungannya
2. Anak yang tidak mampu mengikuti pelajaran
3. Anak tidak mampu menerima informasi yang baik
4. Anak tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya
1. Kurang mampu beradaptasi dengan baik
2. Ada kebutuhan yang hilang
3. Kejenuhan dalam dirinya
4. Pola asuh yang tidak sesuai dengan anak
5. Mencontoh dari lingkungan, media elektronik, orang yang berpengaruh dalam dirinya
6. Dalam keluarga yang bermasalah
7. Trauma, overproteksi, dll
Kemampuan adaptasi
1. Asismilasi, dirinya dengan lingkungan
2. Akomodasi, dirinya melayani orang lain
3. Konstruksi, dirinya memilah dan memilih yang baik dan buruk.
Kriteria Kriteria Masalah Anak
1. Mengalami Kejenuhan
2. Terhambatnya Perkembangan
3. Kehilangan kebutuhan
4. Imajinatif/ Imajiner
Adds.
Mengalami Kejenuhan
1. Serba salah, uring uringan, keinginan tidak jelas
2. Tindakan yg tidak menentu
3. Malas, dst
Terhambatnya Perkembangan
1. Tidak mampui mengerjakamn tugas
2. Selalu menunggu perintah lingkungan
Kehilangan kebutuhan
1. Pengalihan perhatian kepada perhatian yang lain
2. Tindakannya bertentangan dengan lingkungan
3. Lebih banyak menuntut sesuatu yang jelas
4.Senang melakukan tindakan-tindakan yang aneh-aneh
5. Mengikuti perbuatan yang tidak disukai
Imajinatif/ Imajiner
1. Sering menggunakan symbol yang aneh dalam bicara
2. kalau diajak bicara melompat ke masalah yang lain
3. Suka melamun, pandangannhya kosong dan sukar diajak bicara
4. Suka memotong pembicaraan orang lain.
------------------------------------
* Pelatihan Penangan Anak Bermasalah, As Syifa Boarding School, 13 Juni 2014
1 komentar:
mantap pematerinya
Posting Komentar